Wednesday 21 December 2016

Ini Dia Mitos dan Fakta Tentang Kafein yang Wajib Diketahui

Posted by Khaidir
Kalau kamu juga merasa khawatir dengan dampak negatif kafein, kamu tidak sendirian. Ketakutan-ketakutan ini ternyata juga dialami oleh penikmat dan pecinta kopi di berbagai penjuru dunia. 
Namun apakah ketakutan tersebut merupakan fakta atau mitos belaka? Beberapa penelitian yang dilakukan para ilmuan dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir ternyata mengungkapkan fakta-fakta yang menarik terkait ketakutan yang dialami oleh penikmat kopi.
Berikut ini mitos dan fakta seputar kafein :

1. Mitos Kafein Meningkatkan Rasa Cemas
Benarkah ketakutan ini? Faktanya, seperti yang dikutip dari buku The Caffeine Advantage karya Bennett Alan Weinberg dan Bonnie K. Bealer, mengkonsumsi kafein dalam jumlah sedikit hingga sedang biasanya justru memberikan efek tenang atau relaksasi.
Namun, setiap individu memiliki takaran yang berbeda-beda. Kamu perlu mencari tahu kadar kafein yang cocok untuk diri sendiri sehingga kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.
2. Mitos Kafein Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung
Faktanya, sejumlah penelitian yang dilakukan terhadap individu berusia 40 hingga 60 tahun yang merupakan periode puncak hipertensi dan gangguan terhadap jantung lainnya menyebutkan bahwa asupan kafein tidak ikut berperan menjadi penyebab penyakit-penyakit ini. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa efek yang ditimbulkan oleh kafein terhadap tekanan darah akan berkurang dalam beberapa hari.

Fakta menarik lainnya ternyata justru minum minuman panas walaupun tidak mengandung kafein justru memberi efek meningkatnya tekanan darah seseorang.

3. Kafein Menyebabkan Dehidrasi
Faktanya, ternyata kafein tidak berkontribusi sama sekali terhadap dehidrasi. Bahkan kafein tidak memiliki efek diuretik sama sekali. Mitos ini bisa jadi muncul karena minum kopi yang diseduh dengan air panas. Nah, justru air panas inilah yang memiliki efek diuretik atau penyebab dehidrasi itu.

Jadi kalau kamu ingin minum kopi sesudah olahraga, coldbrew atau kopi seduh dingin bisa menjadi solusinya. Tapi rasanya kalau selesai berolahraga itu yang lebih pas ya minum air putih sedanyak-banyaknya. 

Bagaimana? Masih takut dengan efek kafein yang ada pada kopi? Terlepas dari mitos dan fakta yang diuraikan, saran bangfiko, hendaknya kamu memperhatikan kondisi dan kemampuan tubuhmu menerima kafein. Karena bagaimanapun, mengkonsumsi kafein secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Sebaliknya, minum kopi kurang dari kebutuhan tubuh juga akan membawa dampak kurangnya khasiat kafein yang dirasakan oleh tubuh.

0 comments:

Post a Comment