Sunday 25 December 2016

Printer Baru Untuk Bisnis Baru: Hal-Hal Yang Perlu Dipertimbangkan

Posted by Khaidir
ONSKYMEDIA.COM, Ada banyak pilihan printer multifungsi menarik untuk berbagai kategori konsumen, mulai dari pengguna rumahan hingga bisnis besar dan korporasi.
Memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda kini lebih mudah dari sebelumnya sebab selalu ada printer yang cocok dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.
Meski demikian, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih printer baru untuk bisnis baru.
Faktor seperti harga, biaya consumables serta fitur yang ditawarkan printer multifungsi yang Anda pilih adalah sebagian dari beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih printer baru untuk usaha Anda.
Inkjet atau Laser Printer
Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika memilih printer untuk bisnis adalah teknologi cetak yang digunakan.
Dalam hal ini, printer yang tersedia dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori besar, yaitu inkjetprinter dan laser printer.
Laser printer menggunakan teknologi tinta dalam bentuk bubuk yang dipanaskan menggunakan laser ketika melakukan pencetakan.
Printer kategori ini cenderung memiliki kemampuan mencetak cepat dan dalam jumlah besar. Untuk bisnis kecil dan rumahan, dengan kebutuhan cetak dokumen dan grafis sederhana, laser printer monokrom sudah lebih dari cukup.
Jika Anda membutuhkan kemampuan cetak berwarna, maka laser printer warna dengan fitur lengkap seperti Brother MFC-L8850CDW bisa jadi pilihan.
Inkjetprinter, di sisi lain, menggunakan tinta cair. Printer jenis ini memang tidak memiliki kecepatan cetak setinggi laser printer.
Media yang bisa digunakan untuk mencetak juga terbatas, tidak seperti laser printer yang kompatibel dengan media artpaper dan kertas khusus.
Akan tetapi, inkjetprinter memiliki kemampuan cetak foto dan dokumen berwarna yang lebih baik. Dengan teknologi tinta isi ulang seperti yang ditemukan pada Brother T-Series InkjetPrinter, biaya cetak inkjetprinter juga lebih ekonomis.
Terakhir, pastikan Anda memilih printer dengan dukungan ukuran media yang sesuai.
Harga, Biaya Cetak dan Consumables
Faktor kedua yang perlu dipertimbangkan adalah biaya. Pertama, Anda perlu menentukan budget yang dialokasikan untuk membeli printer untuk bisnis Anda.
Dengan menentukan budget sebelum membandingkan pilihan printer yang tersedia, Anda dapat dengan mudah membatasi pencarian hanya pada printer-printer yang terjangkau.
Berbicara mengenai harga, inkjetprinter dan laser printer jenis monokrom umumnya adalah pilihan yang terjangkau. Ada banyak printer di rentang harga 1-3 juta Rupiah yang dapat Anda pilih.
Tentunya harga printer bukan satu-satunya faktor biaya yang harus dipertimbangkan. Anda juga perlu menilik lebih jauh biaya cetak dan harga consumablesseperti cartridge atau tinta isi ulang untuk printer pilihan Anda.
Untuk tingkat efisiensi terbaik, printer dengan teknologi isi ulang seperti Brother T-Series adalah pilihan yang tepat.
Tinta hitam asli dari Brother Indonesia, misalnya, dijual dengan harga Rp 99.000.
Tinta ini dapat digunakan untuk mencetak hingga 6.000 halaman dokumen hitam-putih, sehingga biaya cetak per lembarnya hanya sebesar Rp 16,5. Ekonomis, bukan?
Untuk ketahanan printer, consumables original lebih direkomendasikan. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas hasil cetak yang tidak konsisten serta masalah-masalah lain jika menggunakan tinta printer dan cartridge asli.
Fitur Tambahan
Tidak semua printer diciptakan dengan fitur serupa. Untuk menentukan printer terbaik bagi bisnis Anda, Anda perlu juga melihat fitur-fitur yang Anda butuhkan.
Hal ini perlu untuk menghindari membeli printer dengan harga mahal, namun dengan fitur-fitur yang tidak terpakai.
Beberapa printer yang jadi pilihan memang memiliki kemampuan lebih. Printer multifungsi umumnya juga hadir dengan fitur Scan dan Copy.
Printer jenis ini dapat digunakan untuk memindai dokumen serta membuat copy tanpa perlu terhubung dengan PC.
Brother T700w yang juga masuk dalam kategori ini bahkan memiliki automatic document feeder (ADF), sehingga proses Scan dan Copy dokumen dengan beberapa halaman dapat dilakukan otomatis.
Ada juga printer untuk bisnis yang dilengkapi dengan fitur fax. Anda dapat langsung menghubungkan printer dengan jaringan telepon dan menerima serta mengirim fax layaknya ketika Anda menggunakan mesin fax konvensional.
Tentunya Anda dapat berhemat karena tidak perlu membeli mesin fax terpisah.
Untuk kantor dengan lebih dari 1 pengguna, ada baiknya Anda memilih printer yang memiliki kemampuan jaringan.
Dengan menghubungkan printer dengan jaringan intranet di kantor, beberapa pengguna dapat mencetak dokumen menggunakan printer yang sama dengan mudah.
Dukungan untuk jaringan nirkabel juga tersedia di beberapa printer terbaik.
Garansi dan Layanan Purnajual
Hal terakhir yang perlu jadi pertimbangan ketika memilih printer untuk bisnis adalah garansi yang ditawarkan produsen. Semakin panjang garansi yang ditawarkan, semakin baik.
Produsen printer Brother Indonesia sendiri menawarkan garansi selama 3 tahun, dengan dukungan aplikasi Brother iShop melaluiIOS dan Android serta layanan purnajual yang terjamin.
Memilih printer multifungsi terbaik untuk bisnis Anda tidaklah sulit, terlebih ketika Anda mempertimbangkan faktor-faktor di atas.
Pahami kebutuhan bisnis Anda, tentukan budget yang sesuai untuk membeli printer yang tepat, dan pilih printer baru yang paling sesuai untuk bisnis baru Anda.

sumber : tribunnews

0 comments:

Post a Comment