Wednesday 4 January 2017

8 Cara Jitu Tingkatkan Pencarian di Google

Posted by Khaidir
ONSKYMEDIA.COMDengan Google kita cukup mengetik hal yang diinginkan kemudian berbagai informasi akan tersaji di layar komputer.
Selain hanya mengetik kata kunci, muncul berbagai cara yang dapat meningkatkan pengalaman mencari kita. Ingin tahu? Ikuti tips dan trik ini.
1. Gunakan kutipan untuk mencari frasa yang diinginkan
Cukup sederhana, mencari sebuah frasa atau kalimat dengan kutipan akan menampilkan halaman dengan kata-kata yang sama secara berurutan. Hal ini dapat kita manfaatkan apabila ingin mencari rangkaian kata atau frasa tertentu.
Mutiara kata atau kutipan dapat mudah kita cari, seperti “jangan sekali-kali melupakan sejarah,” yang pernah diucapkan oleh Presiden pertama Indonesia dengan nama Soekarno.
2. Tanda bintang di antara kutipan berguna untuk memberikan spesifikasi pada kata asing
Dengan sebuah tanda bintang, kita bisa mencari variasi dari  frasa yang kita cari. Cukup membantu apabila misalnya mencari lagu melalui liriknya tetapi tidak bisa mencari satu bait atau frasa lagu itu secara lengkap.
 Selain itu sebuah pidatom peribahasa, hingga frase panjang lainnya dapat ditemukan melalui spesifikasi kata yang tidak kita ketahui ini.
Contoh penggunaannya adalah “lagu cinta melulu * mendayu-dayu” yang merupakan penggalan lirik lagu berjudul Cinta Melulu dari grup musik Efek Rumah Kaca.
3. Gunakan tanda kurang untuk menghilangkan hasil yang mengandung sebuah kata tertentu
Apabila sedang mencari sebuah informasi spesifik tetapi menemukan beberapa kata berkaitan yang tidak kita inginkan, ketik ulang kata itu tapi tambahkan tanda kurang. Contoh “kijang –mobil” atau “ayam –goreng”.
4. Gunakan situs sebagai kata kunci
Kita bisa menggunakan “site:” yang dapat berfungsi sebagai mesin pencarian Google dalam sebuah situs. Apabila misalnya ingin melihat kapan saja Intisari-online.com menyebut Google gunakan kata kunci “Google site:Intisari-online.com”.
5. Mencari arsip berita hingga abad ke-19
Dalam fitur Google News kita bisa mencari berbagai berita hingga sekitar tahun 1880-an. Situs ini menyajikan berita dari seluruh dunia yang diarsipkan hingga 100 tahun lalu.
6. Saring hasil pencarian dari resep makanan
Apabila kita memasukkan kata kunci berupa makanan kemudian menekan tombol “Search Tools” atau Alat Pencari, resep akan muncul yang tersaring berdasarkan bahan, waktu memasak, dan kalori. Menjadi alat yang sempurna apabila memiliki ingin menjalankan diet tertentu.
7. Gunakan “DEFINE:” untuk mendefinisikan sebuah kata
Baik kata baku yang tidak kita ketahui hingga bahasa gaul bisa kita cari di Google. Gunakan “DEFINE:” di berbagai kata, baik bahasa inggris atau bahasa lainnya termasuk Indonesia. Untuk kata yang ada dalam kamus, kita bisa melihat etimologi langsung di halaman paling atas.
Contoh “DEFINE: helter skelter, DEFINE: alay, atau DEFINE: kuldesak”.
8. Cari gambar dengan gambar
Apabila memiliki foto dan ingin mengetahui asal usul hingga foto lain yang berhubungan kita bisa menggunakan Google Images. Unggah foto dan lihat sendiri hasilnya.

sumber : tribunnews/techno

0 comments:

Post a Comment